Kamis, 11 Desember 2008

Perlu Partisipasi Semua Pihak Atasi Global Warming

Pemanasan Global atau Global Warming yang terjadi saat ini bukanlah suatu masalah yang tidak bisa diselesaikan, untuk menyelesaikan masalh ini, perlu dukungan dan partisipasi semua pihak terutama pemerintah, termasuk juga pemerintah indonesia. Selain pemerintah, sebagai manusia yang menghuni bumi ini, kita juga wajib menjaga bumi ini agar peamanasan global semakin menjadi-jadi.

Dampak perubahan iklim, seperti naiknya permukaan laut, akan menyebabkan tenggelamnya pulau-pulau kecil. Naiknya suhu laut mengakibatkan hasil perikanan akan menurun. Naiknya suhu udara akan meningkatkan berkembangnya penyakit. Peningkatan curah hujan akan meningkatkan banjir dan longsor, juga perubahan musim tanam, dan peningkatan penguapan serta peningkatan intensitas badai tropis akan menyebebakan rawan transpotasi.

Semuanya ini merupakan akibat dari perubahan iklim di Bumi yang dipicu kegiatan tidak ramah lingkungan di berbagai belahan dunia. Untuk mengatasinya sudah seharusnya menjadi tanggung jawab semua pihak.

Dengan strategi-strategi yang dapat dilakukan bersama-sama oleh semua bagian masyarakat dapat menghasilkan keberhasilan Indonesia dalam melakukan adaptasi pemanasan global yang akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi dunia. Karena posisi Indonesia yang sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan potensi alam terbesar, diharapkan dapat mendukung program-program nasional maupun internasional dalam memerangi pamenasan global.

Untuk itu, kita harus memulai dari diri kita sendiri, dengan cara yang bisa kita lakukan, ini harus kita lakukan untuk keselamatan kita sendiri dan manusia di generasi yang akan datang.(Kompas.com dan LIM)

Tidak ada komentar: